Cara Mengatur Performa Windows XP

Mengatur Performa
Windows XP
Manfaatkan fitur bawaan Windows untuk mengatur performa PC Anda.
Bagi Anda pengguna Windows XP, Microsoft sudah menyediakan aplikasi bawaan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengamati performa PC, sekaligus merawatnya. Nama aplikasi tersebut: Computer Management. Berikut ini sekilas penjelasan dan panduan penggunaannya.

LANGKAH 1
Pastikan Anda login menggunakan akun (account) Administrator. Bukalah aplikasi Computer Management dengan mengeklik [Start] [Settings] [Control Panel]. Klik-dobel ikon [Administrative Tools], lalu [Computer Management].

LANGKAH 2
Pada jendela Computer Management, Anda akan melihat tiga bagian pokok pengaturan komputer, yaitu System Tools, Storage dan Services and Applications.

LANGKAH 3
Bingkai sebelah kiri, di bagian [System Tools], memuat opsi Event Viewer untuk memonitor aktivitas aplikasi, keamanan dan sistem Windows. Klik opsi tersebut, lantas klik-dobel [Application] di bingkai kanan. Anda akan melihat catatan tentang aplikasi yang menerima peringatan, atau bahkan error.

LANGKAH 4
Klik-dobel salah satu item untuk mengorek info peringatan atau kerusakan yang terjadi dengan lebih detil. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan pada opsi Security dan System.

LANGKAH 5
Beralih ke bagian [Shared Folders]. Anda akan menemukan opsi Shares yang berisi info folder PC yang tengah dibagi. Di bagian Sessions, tertera komputer siapa saja yang sedang memakai file atau folder yang Anda share. Bagian Open Files memuat info file apa saja dari PC Anda yang sedang diakses komputer lain.

LANGKAH 6
Daftar lengkap user dan user group di PC Anda terpampang di bagian Local User and Groups. Klik [User] untuk melihat anggota pemakai PC Anda. Untuk mengganti password salah satu user, klik-kanan nama user, lalu pilih [Set Passsword...]. Klik tombol [Proceed], lantas masukkan password baru. Klik [OK].

LANGKAH 7
Demikian juga jika Anda ingin menghapus sebuah user. Tinggal klik-kanan user yang dimaksud, lalu pilih opsi [Delete].

LANGKAH 8
Pada bagian Groups, Anda bisa mengelompokkan user tertentu sebagai anggota sebuah user group. Caranya, klik-kanan group yang dimaksud, lalu pilih [Add to group]. Klik [Add...], dan ketik nama user yang akan Anda masukkan. Klik [OK].

LANGKAH 9
Masuklah ke [Performance Logs and Alerts]. Dari sini, mudah untuk memonitor sumber daya sistem operasi PC.

LANGKAH 10
Pada Device Manager, terdapat daftar hardware yang Anda miliki. Dari sini, Anda juga bisa memperbarui driver-nya. Caranya, klik-kanan hardware yang akan di-update, klik [Update Driver...]. Ikuti wizard yang muncul.

LANGKAH 11
Bagian Storage memuat opsi Removable Storage, yang bakal mendata removable drive yang terhubung ke PC. Tersedia pula opsi Disk Defragmenter dan Disk Management. Dengan Disk Management, Anda bisa menambah/menghapus partisi, memformat drive, hingga mengubah nama drive tertentu.

LANGKAH 12
Terakhir, bagian Services and Applications, memuat dan mengatur services yang dijalankan oleh sistem operasi.

 
TUNAS BARU TEKNIK © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes