Cara memeriksa usia hard disk

Memeriksa Usia Hard Disk
Sekadar berjaga-jaga sebelum hard disk mengalami kerusakan.
Hard disk termasuk peranti yang rentan rusak, baik secara fisik maupun nonfisik. Temperatur yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakaan internal, begitu pula lonjakan listrik yang tak terduga. Untuk melihat kondisi hard disk PC Anda, pasang saja software HDD Life. Simpel dan fungsional, kok. @DIT
LANGKAH 1
Kunjungi situs www.hddlife.com, lalu download program pendeteksi hard disk dengan mengeklik link [FREEWARE download]. Klik [Save] pada boks dialog yang muncul, lalu tentukan lokasi penyimpanan.
LANGKAH 2
Klik-dobel file HDDlife 1.0.14.msi hasil download. Boks wizard muncul, klik [Next >] dan pilih [I Agree] pada boks License Agreement. Klik [Next >] lagi dan ikuti wizard hingga selesai. Program akan diinstal di C:\Program Files\BinarySense\HDDLife.
LANGKAH 3
Jalankan HDDlife dengan mengeklik [Start] [All Programs] [HDDLife] [HDDLife]. Bila di PC Anda terdapat dua buah hard disk, secara otomatis akan tertera dua buah tab: Hard Drive 0 dan Hard Drive 1. Kalau hanya ada satu hard disk, ya yang muncul hanya satu tab saja.
LANGKAH 4
Lihat bar penunjuk "health status:" dan "performance:" di sebelah kiri bawah. Persentase di atas angka 50 menunjukkan hard disk dalam keadaan baik.
LANGKAH 5
Klik menu [File] [Check devices now!], maka program akan mengecek suhu hard disk. Hasil pengukuran akan tertera pada "temperature:" status bar.
LANGKAH 6
Simpan status suhu hard disk dengan mengeklik [File] [Save report]. Pada boks dialog Save, namai log tersebut, lalu klik [Save]. Anda bisa membukanya sewaktu-waktu.

 
TUNAS BARU TEKNIK © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes